<data:blog.pageTitle/>

This Page

has moved to a new address:

https://klinikilmu.com

Sorry for the inconvenienceā€¦

Redirection provided by Blogger to WordPress Migration Service
Klinik Ilmu: Pentingnya mengonsumsi air putih

Senin, 22 Oktober 2018

Pentingnya mengonsumsi air putih

Hello, Sobat Klinik Ilmu!
Sudahkah Sobat meminum air putih hari ini?
Kalau belum, silakan tuangkan air putihmu ke dalam gelas kemudian minumlah! Hehe.
Minum air putih itu penting loh bagi kesehatan. Namun sayangnya masih banyak dari kita yang menyepelekan pentingnya minum air putih.
Pentingnya air putih
Coba ingat-ingat, kalau sedang berada di rumah makan biasanya lebih sering memilih untuk minum air putih atau es teh?
Itu bukan berarti es teh tidak baik untuk kesehatan loh ya. Akan tetapi, walaupun kita suka meminum minuman manis sebaiknya tetap diimbangi minum air putih yang cukup. Kurangi minuman manis karena jika terlalu banyak maka akan menyebabkan peningkatan gula/glukosa di dalam darah. Sekali lagi, bukannya melarang untuk meminum minuman manis, akan tetapi sebaiknya dikurangi saja.

Oke, selanjutnya agar lebih paham, kita harus mengetahui terlebih dahulu tentang berapa banyak sih air putih yang sebaiknya kita konsumsi per harinya?
Mungkin Sobat Klinik Ilmu sudah pernah mendengar atau membaca bahwa minum air putih (untuk usia dewasa) itu harus 8 gelas (Ā±2 liter) per hari. Itu memang benar, akan tetapi, kebutuhan cairan tiap orang berbeda-beda. Apabila pada suatu hari kita melakukan banyak aktivitas, kita sebaiknya mengonsumsi air putih yang lebih banyak. Namun apabila kita tidak beraktivitas banyak sehingga tidak mengeluarkan banyak keringat, maka tidak perlu mengonsumsi air putih yang sangat banyak. Jadi intinya adalah semakin banyak aktivitas yang kita lakukan, semakin banyak juga air putih yang dibutuhkan oleh tubuh. Konsumsilah air putih yang cukup karena jika kekurangan air, tubuh akan mengalami dehidrasi. Namun apabila sangat berlebihan maka tubuh akan mengalami overhidrasi. Kedua kondisi tersebut dapat membahayakan tubuh.
Sobat Klinik Ilmu sudah paham kan dengan penjelasan tersebut?
Baiklah selanjutnya yang akan kita bahas adalah seberapa pentingnya sih mengonsumsi air putih? Apa sih manfaatnya?

Air putih yang bebas kalori dan gula merupakan pilihan paling sehat demi menjaga tubuh tetap memiliki cairan yang cukup, sekaligus mengatasi rasa haus kapan saja.
Selain itu, manfaat minum air putih juga dinikmati oleh beragam fungsi tubuh, antara lain:

Mencegah Dehidrasi

Tubuh dikatakan dehidrasi ketika tubuh kehilangan banyak cairan dari ada yg di dapatkan. "Output > Input". Kita harus menjaga kadar cairan tubuh atau mencegah dehidrasi, sehingga tubuh tidak mengalami gangguan pada fungsi pencernaan dan penyerapan makanan, sirkulasi, ginjal, dan penting dalam mempertahankan suhu tubuh yang normal.

Asupan Energi untuk Otot

Membantu memberikan energi pada otot dan melumasi sendi-sendi agar tetap lentur. Ketidakseimbangan cairan dapat memicu kelelahan pada otot.

Metabolisme tubuh

Membantu mengendalikan asupan kalori tubuh. Minum air putih jauh lebih baik dalam mencegah peningkatan berat badan dibandingkan minuman yang mengandung tinggi kalori.

Kecantikan

Menjaga kesegaran kulit sehingga kulit tidak terlihat kering dan berkerut.

Melindungi sistem saraf

Melindungi saraf tulang belakang dan jaringan sensitif pada tubuh lainnya.

Membantu sistem pembuangan

Membantu proses pembuangan sisa-sisa makanan dan minuman melalui keringat, urine dan kotoran.

Apabila Sobat merasakan gejala-gejala kekurangan cairan/ dehidrasi seperti urin berwarna pekat/keruh, tubuh terasa lemas setelah beraktivitas, konstipasi/sembelit, maupun gejala lainnya, segeralah melakukan penanganan dengan memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh. Namun apabila gejala tersebut tak kunjung membaik, jangan sungkan untuk memeriksakan diri ke dokter ya!
Oh iya! Untuk memenuhi cairan di dalam tubuh, selain mengonsumsi air putih juga dapat dilakukan dengan mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung banyak air loh! Jadi jangan malas untuk rutin mengonsumsi air putih, sayur, dan buah ya agar kebutuhan cairan di dalam tubuh tetap terpenuhi. Salam sehat!

Label: ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda